spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Persiapan Festival Iraw Tengkayu XII di Tarakan Sudah 70 Persen

TARAKAN – Persiapan Festival Iraw Tengkayu XII di Tarakan sudah mencapai 70 persen. Hal itu disampaikan oleh Sekretaris Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga (Disbudporapar) Kota Tarakan, Zainuddin kepada Mediakaltimtara.com, Sabtu (23/9/2023).

“Untuk pelaksanaan Iraw mungkin sudah berjalan sekitar 70 persen. Untuk pelaksanaan tari sudah tahap perbaikan gerakan. Latihan dasar, kemudian bentuk atau koreografinya sudah selesai. Tinggal ini pelatihan gerakan supaya lebih bagus,rapi dan teliti,” ucapnya.

Dilanjutkannya, minggu lalu pihaknya sudah melakukan peninjauan lokasi pelaksanaan Iraw Tengkayu. Untuk lokasi sendiri, akan dilaksanakan di Pantai Amal. Dia menargetkan awal Oktober ini sudah dilakukan gladi.

“Awal bulan sudah gladi kotor dan bersih di Amal. Ya mungkin akan dimulai sekitar 25 atau 26 itu sudah mulai kegiatan sampai dengan tanggal 5 untuk persiapan penataan lokasi,” katanya.

Zainuddin mengungkapkan, sementara ini sudah menyiapkan 150 penari yang berasal dari seluruh SLTA se Kota Tarakan. Pelaksanaan Festival Iraw Tengkayu dijadwalkan berlangsung mulai 28 September sampai dengan 8 Oktober 2023.

Baca Juga:   Pemprov Dukung Gelaran Iraw Libatkan Negara Tetangga

“28 ini dimulai dengan Jepin¬† untuk SLTA SLTP se Kalimantan Utara itu tanggal 28,29, dan 30. Tanggal 1 sampai 6 Pekan Kebudayaan Daerah. Kemudian 7 Karnaval Budaya. Dan 8 itu Puncak Iraw tengkayu,” ungkapnya.

Dia menyebut untuk lokasi persiapannya sudah mencapai 40 persen. Sementara untuk penari 70 persen. “Tinggal pemantapan, memperindah dan mempercantik,” pungkasnya. (apc/and)

Reporter: Ade Prasetia
Editor: Andhika

16.1k Pengikut
Mengikuti

BERITA POPULER