spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Pemerintah Kaltara Fasilitasi Kebutuhan Alkes di RS Abdul Rais Fatah

TANJUNG SELOR – Rumah Sakit (RS) Tingkat IV Abdul Rais Fatah di Tanjung Selor telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo. Peresmian ini dilakukan secara virtual pada Senin (19/2/2024).

Kepada wartawan, Gubernur Kaltara, Zainal Arifin Paliwang mengungkapkan saat ini hanya ada satu RS di ibu kota Provinsi Kaltara, yaitu Rumah Sakit Daerah (RSD) dr. H. Soemarno Sosroatmodjo, Tanjung Selor.

“Hari ini kita meresmikan Rumah Sakit Tingkat IV Abdul Rais Fatah Tanjung Selor,” ujar Zainal.

RS Tingkat IV Abdul Rais Fatah di Tanjung Selor tidak hanya memberikan pelayanan kesehatan kepada TNI, tetapi juga masyarakat umum, khususnya wilayah Tanjung Selor.

Gubernur berharap seluruh tenaga kesehatan dapat segera terisi dan berfungsi secara maksimal. Dia sudah melihat beberapa ruangan yang cukup bagus beserta alat kesehatan, dan berharap rumah sakit ini dapat meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat.

“Kita berharap dengan adanya rumah sakit ini, dapat mempermudah pelayanan kepada masyarakat,” tukasnya.

Di kesempatan yang sama, Danrem 092/Maharajalila, Brigjen TNI Adek Candra Kurniawan, menambahkan saat ini RS Tingkat IV Abdul Rais Fatah belum dapat berfungsi secara maksimal karena ketersediaan nakes masih terbatas.

Baca Juga:   Puncak Arus Mudik Diprediksi Hari Ini

Oleh karena itu, pihaknya sudah mengajukan permohonan kepada Pusat Kesehatan Angkatan Darat dan Kementerian Pertahanan untuk pemenuhan dokter dan perawat.

“Iya soal penambahan nakes, kita sudah ajukan,” katanya.

Diharapkan bahwa pada akhir tahun, nakes dapat terpenuhi sehingga dapat memberikan pelayanan kesehatan yang optimal. Untuk memastikan bahwa masyarakat umum dapat memanfaatkan layanan tersebut, pihaknya akan bekerja sama dengan BPJS.

Adapun kebutuhan nakes sebanyak 101 nakes, saat ini hanya ada tiga, dua dokter dan analis. Bangunan dua lantai RS Tingkat IV Abdul Rais Fatah ini dilengkapi dengan fasilitas utama seperti instalasi rawat jalan, instalasi bersalin, empat poliklinik, dua ruang operasi, dua ruang VIP, ruang perawatan, medical check-up, laboratorium, radiologi, pemulasaran jenazah, apotik dan musala.

“Untuk pemenuhan alat kesehatan, kami bekerja sama dengan RS Dr. R. Hardjanto di Balikpapan. Nanti kami akan membuat daftar kebutuhan alat kesehatan untuk selanjutnya diajukan ke Rumah Sakit Dr. R. Hardjanto,” bebernya.

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kaltara, Usman, meyakini bahwa keberadaan RS Tingkat IV Abdul Rais Fatah di Tanjung Selor akan mempermudah masyarakat dalam mendapatkan pelayanan kesehatan.

Baca Juga:   Sediakan Ruang yang Sama bagi Investor untuk Berinvestasi

“Itu merupakan harapan kita bersama,” terangnya.

Dalam urusan kebutuhan Tenaga Kesehatan, Dinkes Kaltara berkoordinasi dengan RSD. “Kita berupaya memfasilitasi urusan pengadaan alat kesehatan,” tandasnya. (tin/and)

Editor: Andhika

16.4k Pengikut
Mengikuti

BERITA POPULER