spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Pemerintah Harus Perhatikan Pekerja Penyandang Disabilitas

TANJUNG REDEB – Perusahaan yang ada di Kabupaten Berau membuka lowongan pekerjaan. Namun, tak ada memperhatikan para pekerja disabilitas.

Menanggapi hal itu, Anggota Komisi I DPRD Berau, Rudi Parasian Mangunsong menuturkan, seharusnya pemerintah maupun pihak perusahan dapat memberi perhatian khusus untuk para penyandang disabilitas. “Tetapi ada beberapa perusahaan yang membuka lowongan untuk pekerja disabilitas. Seharusnya bisa dimaksimalkan,” katanya.

Untuk meningkatkan keterampilan para penyandang disabilitas, lanjut Rudi, harus ada Balai Latihan Kerja (BLK).“Para penyandang disabilitas adalah orang yang perlu kita topang. OPD terkait juga jangan hanya mengawasi. Bila perlu diantarkan dan didampingi jika disabilitas akan bekerja. Jangan hanya sekadar retorika saja. Mesti menyentuh,” tegasnya.

Politikus PDI-P ini juga mendorong pemerintah mendampingi penyandang disabilitas saat mengalami diskriminasi dalam dunia pekerjaan. Pasalnya, mereka merupakan golongan yang rentan diabaikan, diremehkan dan dilecehkan. “Pemerintah daerah harus mendampingi ini. Jangan dilepas begitu saja,” imbuhnya.

Tak hanya sekedar dari pemerintah daerah, Rudi juga meminta perusahaan untuk memperhatikan secara serius nasib penyandang disabilitas tersebut. Lowongan yang telah dibuka juga harus jelas dan benar-benar dalam memberdayakan para disabilitas. “Jangan hanya membuka lowongan saja. Berikan pemahaman yang jelas formasinya seperti apa,” tandasnya. (adv/and)

Baca Juga:   Soroti Maraknya Calo dalam Pengurusan KTP
16.1k Pengikut
Mengikuti

BERITA POPULER