spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Pemenang Lomba Bertutur Bakal Dibina DPK Kaltim jadi Pendongeng


SAMARINDA – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (DPKD) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) akan membina para pemenang lomba bertutur tingkat SD/MI Se-Kaltim 2023, menjadi seorang pendongeng di Kaltim.

Hal ini dikatakan oleh Kepala Bidang Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca (BP3KM) DPKD Kaltim Taufik, bahwa pihaknya akan membina dan mengontrak para pemenang lomba bertutur untuk diajak mendongeng di sekolah-sekolah.

“Selama ini setiap lomba bertutur atau pun mendongeng, biasanya setelah juara stop sampai disana saja. Oleh sebab itu, kali ini kami akan mengontrak mereka untuk menjadi pondengan dari DPKD Kaltim berkeliling ke Sekolah di Kaltim, dengan program Dongkel atau dongeng keliling, ” ungkapnya.

Taufik juga mengatakan bahwa dengan diajaknya para pemenang lomba bertutur keliling sekolah maka akan memotivasi para siswa-siswi di sekolah lainnya untuk berprestasi.

“Karena dengan program Dongkel atau Dongeng Keliling nanti kita akan ajak para pemenang ini. Tentunya kita jadikan model untuk memotivasi anak yang lain,” ujarnya.

Lomba bertutur tingkat SD/MI Se-Kaltim setiap tahun selalu digalakan oleh DPKD Kaltim dalam upaya meningkatkan budaya literasi sejak dini, Taufik berharap dari sini muncul pendongeng – pendongeng handal yang bisa mengharumkan daerah Kaltim kelak.

Baca Juga:   Sebagai Upaya Lestarikan Naskah Kuno, Harap Masyarakat Lapor ke Dispusip Berau

“Setiap tahun lomba bertutur pastinya telah mencetak  10 pendongeng dari setiap perwakilan Kabupaten/Kota di Kaltim,  dan saya berharap semoga meraka bisa menjadi pendongeng Kaltim, kelak ” pungkasnya.

Diketahui, lomba bertutur tingkat SD/MI tingkat Kaltim 2023. Sudah selesai digelar dan diberikan penganugrahan  di aula Kantor Gubernur Kaltim  pada 19 September 2023 lalu, tampil sebagai juara pertama adalah Azza Ashila dari SD YPPSB 1 Sangatta Utara, Kutai Timur. (adv/and)

16.4k Pengikut
Mengikuti

BERITA POPULER