spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Pelabuhan SDF Tarakan Mulai Ramai, Sehari Ada 2000 Pemudik

TARAKAN – Menjelang libur natal dan tahun baru, Pelabuhan Tengkayu I SDF Tarakan mulai ramai dipadati pemudik. Dari hasil  pemantauan monev dan pengawasan di Posko Pelayanan Natal dan Tahun Baru 2023/2024 di Pelabuhan Tengkayu I Kota Tarakan, pada Selasa, (19/12/2023), tercatat ada 2.148 penumpang yang keluar dari Pelabuhan Tarakan. Sementara penumpang yang masuk ke Pelabuhan Tengkayu I Tarakan SDF sebanyak 2.119 orang.

“Keluar pelabuhan, speed reguler 51 armada, ada 2.148 penumpang. Non reguler 3 armada, 48 penumpang. Sementara yang masuk pelabuhan, reguler 51 armada, 2.119 penumpang,” ucap  Kepala Seksi Sarana dan Prasarana Keselamatan Angkutan Perairan Pelabuhan Tengkayu I SDF Tarakan, Widya Ayu Saraswati dalam keterangan rilisnya yang diterima mediakaltimtara.com, Rabu (20/12/2023).

Ayu menambahkan ada beberapa trayek yang dilayani di Pelabuhan SDF, antara lain Tanjung Selor, Nunukan, Malinau , Tideng Pale, Sungai Nyamuk, Bunyu, Sebatik dan Tanah kuning.

Pengamanan selama libur nataru di Pelabuhan SDF Tarakan, kata Ayu, melibatkan berbagai pihak seperti Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah XVII Kaltim-Kaltara, TNI AL, Basarnas, Polres Tarakan, dan lain sebagainya.

Baca Juga:   SMAN 1 Tarakan Juara Lomba Pustakaan Sekolah

Lebih jauh, pihaknya juga menghimbau kepada agen,  pengguna jasa, pengunjung pelabuhan Tengkayu I Tarakan untuk dapat membatasi muatan atau barang bawaan.

Ia mengatakan Pelabuhan Tengkayu I SDF Tarakan didominasi untuk liburan dan bekerja, dan alasan tertentu. Pihaknya juga menyediakan beberapa fasilitas yg disediakan antara lain kursi roda untuk penumpang lansia, sakit dan kebutuhan tertentu, P3K, dan posko sebagai pusat informasi.

Ayu memperkirakan akhir minggu ini, akan terjadi terjadi lonjakan penumpang baik yang datang maupun berangkat Tengkayu I Tarakan seiring dengan dimulainya libur sekolah.

Dijelaskannya, di Pelabuhan Tengkayu I Tarakan, mayoritas lalu lintas terbanyak menuju di Tanjung Selor. “Karena dalam setiap 45 menit atau 1 jam, ada keberangkatan ke Tanjung Selor,”katanya

Memasuki musim libur Nataru, ia pun berharap seluruh pemudik untuk mentaati peraturan dalam upaya mendukung keselamatan pelayaran. Seperti mengenakan life jacket, duduk pada tempat yang disediakan, dan tidak melebihi kuota penumpang. Serta meminta para penumpang untuk membeli tiket resmi guna menghindari penipuan. (apc/and)

Reporter: Ade Prasetia
Editor: Andhika

16.4k Pengikut
Mengikuti

BERITA POPULER