spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Meriah! Ribuan Orang Ramaikan Pawai Budaya Festival Iraw Tengkayu XII di Tarakan

TARAKAN – Ribuan warga ikut meramaikan Pawai Budaya Festival Iraw Tengkayu XII Kota Tarakan yang berlangsung pada Sabtu (7/10/2023). Pawai dimulai di depan Stadion Datul Adil melewati Jalan Sumatera, Jalan RE Martadinata, Jalan Jenderal Sudirman, Jalan Yos Sudarso, Jalan Kusuma Bangsa dan finish di depan Rumah Adat Baloi Tidung Ulun Pagun.

“Pawai ini diikuti ratusan peserta baik yang berjalan kaki maupun kendaraan hias dan melibatkan lebih dari 7500 warga dari berbagai instansi, paguyuban, organisasi kemasyarakatan, komunitas dan sekolah,” kata Khairul kepada media, Sabtu (7/10/2023).

Wali Kota Tarakan, Khairul mengapresiasi partisipasi masyarakat yang dinilainya begitu besar. Khairul menjelaskan bahwa kegiatan tahunan ini merupakan event unggulan yang telah masuk dalam calender of event Kemenparekraf dan masuk dalam Top 45.

“Terima kasih atas apresiasi masyarakat dan dukungan Kementerian Pariwisata dan Ekonmi Kreatif atas terselenggaranya kegiatan ini,” ucap Khairul.

Dia mengatakan, pawai ini sebagai bentuk memperkenalkan nilai budaya serta arti penting kebudayaan dalam pembangunan. Selain itu, upaya melestarikan warisan budaya bangsa sebagai potensi untuk pemberdayaan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Baca Juga:   Begini Penjelasan Bawaslu Tarakan Mengenai Kesulitan Tindak Baliho Sebelum Masa Kampanye

Ke depan, lanjut Khairul, Pemerintah Kota Tarakan merencanakan akan menjadikan festival ini menjadi event yang lebih kolosal. “Festival Iraw belum berakhir karena besok masih ada acara puncak Pelarungan Padaw Tuju Dulung dan malam hiburan rakyat,” pungkasnya.

Untuk diketahui, Festival Iraw Tengkayu berlangsung mulai 1 hingga 8 Oktober 2023. Pada 1 hingga 6 Oktober 2023 diisi dengan Pekan Kebudayaan Daerah dan Lomba Permainan Tradisional. Sementara pada  7 Oktober diisi dengan kegiatan  Pawai Kebudayaan yang diikut berbagai elemen masyarakat. Selanjutnya, pada 8 Oktober 2023 dilaksanakan prosesi Pelarungan Padau Tuju Dulung ke Pantai Amal yang merupakan puncak Festival Iraw. (apc/and)

Reporter: Ade Prasetia
Editor: Andhika

16.4k Pengikut
Mengikuti

BERITA POPULER