spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Lestarikan Naskah Kuno, DPK Kaltim Ajak Masyarakat yang Memiliki untuk Diarsipkan


SAMARINDA – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (DPK) Kalimantan Timur mengajak masyarakat Kaltim untuk proaktif melestarikan naskah kuno. Karenanya, DPK Kaltim pun membuka ruang bagi masyarakat memiliki koleksi naskah kuno untuk dapat disimpan atau diarsipkan di DPK Kaltim.

Pustakawan Seksi Deposit dan Alih Media DPK Kaltim, Patimah Irni mengatakan, selama ini pihak DPK sangat kesulitan untuk mencari naskah-naskah kuno yang banyak tersebar di wilayah Kaltim. Oleh sebab itu DPK sangat berharap untuk masyarakat bisa menginformasikan agar cepat diarsipkan dan dilestarikan.

“Kita sangat butuh bantuan masyarakat, bahkan jika tidak bersedia untuk diambil, kami bisa datang  bisa dialih mediakan agar bisa dilestarikan,” ungkapnya.

Dia juga mengingatkan bahwa naskah kuno mudah rusak, maka pihaknya sangat berharap untuk diinfokan secepatnya oleh masyakarat yang memiliki koleksi naskah kuno agar bisa dibantu untuk dilestarikan dengan cara diarsipkan dan dialih mediakan.

“Naskah kuno itukan perlu perhatian ekstra, oleh sebab itu sangat berharap kerjasama masyarakat untuk bisa selamatkan naskah kunonya dengan dititipkan dan kita akan alih media kan agar tidak hilang, untuk masyarakat yang memiliki tetap kita akan bagi hasil dari alih medianya,” ujarnya.

Baca Juga:   Perjalanan Wisata Literasi Hari Pertama ke Perpustakaan Tertinggi di Dunia

Baru-baru ini pihak DPKD juga sudah memperoleh naskah kuno dari Kesultanan Gunung Tabur dan Kutai Kartanegara.

“Dari Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura ada 11 naskah kuno dan Kesultanan Gunung Tabur Berau ada 13 Naskah, dan ini masih menunggu untuk di alih bahasakan,” paparnya.

Bahkan beberapa hari lalu. Pihak DPKD  telah dihubungi oleh pihak Masjid Raya Darussalam Samarinda, konon masjid tersebut berdiri tahun 1925, dan memiliki beberapa naskah langka agar bisa dibantu untuk dilestarikan.

“Nah pihak masjid sudah menghubungi kita, kita akan bantu untuk lestarikan dan menjaga naskah kunonya, agar nanti bisa dipelajari oleh generasi kita nanti,” katanya.

Saat ini naskah kuno dan naskah langka yang dimiliki oleh DPKD sebanyak  24.301 naskah, terdiri dari 20.014 karya cekat dan 4.287 karya non cetak berdasarkan sumber dari data koleksi deposit dan alih media per Juni 2023. (adv/and)

16.4k Pengikut
Mengikuti

BERITA POPULER