spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

KPU Tarakan Terima Hasil Pencermatan Rancangan DCT dari 16 Parpol

TARAKAN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tarakan telah menerima hasil pencermatan rancangan Daftar Calon Tetap (DCT) dari 16 partai politik peserta pemilu 2024. Adapun 16 parpol tersebut yakni PKB, NasDem, Hanura, PBB, PSI, Gelora, Gerindra, PDIP, Golkar, PKS, PKN, PAN, Demokrat, Perindo, PPP dan Partai Ummat.

Anggota KPU Tarakan Divisi Teknis Penyelenggaraan, Taufik Akbar menjelaskan, Gerindra merupakan partai terakhir yang menyerahkan hasil pencermatan rancangan DCT. Sementara partai pertama yang menyerahkan pencermatan DCT adalah Nasdem.

Dari 16 parpol tersebut, kata Taufik, ada yang melakukan perbaikan dan ada yang tidak. Perbaikan tersebut meliputi pergantian nomor urut dan bacaleg. Namun dia tak menjelaskan lebih jauh parpol mana saja yang melakukan perbaikan tersebut. “Saya belum lihat detailnya, namun yang pastinya proses semalam adalah proses untuk teman-teman parpol melakukan perbaikan. Apakah itu perbaikan foto, nama, nomor urut, bacaleg dan lain sebagainya,” ungkapnya saat ditemui di Kantor KPU Tarakan, Rabu (4/10/2023).

Taufik mengatakan, seluruh dokumen yang diterima semuanya dianggap lengkap dan dapat diterima. Dengan selesainya proses pencermatan DCT ini, maka parpol tidak lagi diperkenankan untuk mengubah data bacalegnya.

Baca Juga:   BNNK Tarakan Ungkap 7 Kasus Narkotika Sepanjang Tahun 2023

“Jadi sudah gak ada ruang untuk ganti-ganti caleg lagi,” katanya.

Dia menjelaskan, tahapan pencermatan DCT ini sudah dimulai pada 24 September hingga 3 Oktober 2023. Pada Senin (2/10/2023), tercatat ada 6 parpol yang telah menyerahkan hasil pencermatan DCT, di antaranya PKB, NasDem, Hanura, PBB, PSI dan Gelora.

Sementara pada Selasa (3/10/2023) ada parpol yang menyerahkan hasil pencermatan DCT, di antaranya Gerindra, PDIP, Golkar, PKS, PKN, PAN, Demokrat, Perindo, PPP dan Partai Ummat. Untuk tahapan selanjutnya, sambung Taufik, pada (3/11/2023) dilakukan penetapan DCT. Sementara pengumuman DCT ke publik akan dilakukan pada (4/11/2023).

Sebagai informasi, total bacaleg di Kota Tarakan pada pemilu 2024 sebanyak 375 dari 16 partai politik peserta pemilu 2024. (apc/and)

Reporter: Ade Prasetia
Editor: Andhika

16.4k Pengikut
Mengikuti

BERITA POPULER