spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Korem 092 Maharajalila, Ditinjau Soal Kenaikan Tipe Menjadi Kodam

TANJUNG SELOR – Peninjauan Banglarsat ke Komando Resort Militer (Korem) 092 Maharajalila dilakukan selama dua hari, oleh tim srenaad Mabes TNI Angkatan Darat.

Tim tersebut di pimpin oleh Waasrena Kasad Bidang Jemen dan RB, Brigjen TNI Bagus Suryadi Tayo. Kepada wartawan, dia menyampaikan kunjungan itu dalam rangka adanya kebijakan pimpinan baik dari Kementerian Pertahanan, Panglima TNI, dan juga Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD).

Hal itu, bertujuan untuk melakukan peninjauan terhadap Korem-Korem yang nantinya jika memungkinkan akan dinaikkan tipenya menjadi Komando Daerah Militer (Kodam).

“Jadi, kehadiran kita disini untuk mengumpulkan data itu, kemudian menyajikannya kepada KSAD. Beliau nanti akan membuat prioritas, ini semuanya tergantung pada kemampuan Negara. Kira-kira, kita mampu atau tidak melakukannya,” ujar Brigjen TNI Bagus Suryadi Tayo, kepada sejumlah awak media, Kamis (21/9/2023).

Dia melanjutkan, dari hasil tinjauan ada banyak pertimbangan. Untuk di Korem 092 Maharajalila sendiri, pertimbangan pertama yaitu kedudukannya yang berada di berbatasan.

“Salah satu yang menonjol Korem 092 Maharajalila, berkedudukan di wilayah perbatasan. Jadi, pengamanan perbatasan di wilayah NKRI yang menjadikan salah satu pertimbangan,” ungkapnya.

Baca Juga:   Antrean Mengular, Distribusi Tersendat

Berdasarkan pantauan selama dua hari di Kaltara, kata dia untuk Markas Koremnya sudah bagus. Dari konstruksi bangunan, markas ini kelihatan baru saja selesai dibangun. Soal kekurangan yang lain, itu menjadi tanggungjawab Angkatan Darat. “Soal hasilnya, tergantung dari KSAD yang menentukan,” terangnya.

Kemudian, jika KSAD menentukan Korem 092 ditingkatkan tipenya, maka untuk kekurangan yang lain akan dibenahi. “Korem 092 Maharajalila, merupakan satu dari 22 Korem se-Indonesia yang dilakukan peninjauan,” katanya.

Ketika nanti statusnya ditingkatkan, tentu ada penambahan dari sisi bangunan. Keberadaan TNI di Kaltara dengan pemerintah daerah sudah terjalin hubungan yang baik. Jika nantinya ada penambahan bangunan baru, dari sisi kesiapan lahan sudah disiapkan dan memadai.

Baca Juga:   Pembangunan KIPI Terus Bergeliat

“Jika status Korem menjadi Kodam¬† direalisasikan, tentu tugas dan tanggungjawab serta jumlah personil ikut bertambah, termasuk unit yang ada ditingkatkan,” pungkasnya. (tin/and)

Reporter: Martinus Nampur
Editor: Andhika

16.1k Pengikut
Mengikuti

BERITA POPULER