spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Kodim 0903 Bulungan Gelar Pemeriksaan Kesehatan Gratis

TANJUNG SELOR – Gaya hidup sehat perlu ditingkatkan oleh masyarakat, untuk menghindari bermacam jenis penyakit. Beragam cara untuk memastikan tubuh tetap sehat, yaitu dengan menjaga pola makan, olahraga teratur, istirahat yang cukup dan hindari stress.

Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI), dr Widodo saat dikonfirmasi menyampaikan kasus penyakit jantung di Kaltara, angkanya tergolong tinggi.

“Maka, perlu adanya upaya pencegahan dengan pola hidup sehat. Salah satunya dengan membiasakan aktifitas fisik secara rutin seperti berolahraga,hindari¬† faktor resiko seperti kolesterol tinggi, diabetes melitus melalui pola makan yang sehat dan seimbang serta menghindari stres,” ucap dr Widodo, kepada wartawan, Minggu (24/9/2023).

Olehnya itu, pemeriksaan kesehatan secara rutin dan berkala dipandang penting untuk terus diintenskan. Kolaborasi itu, antara IDI dengan Kodim 0903 Bulungan, gelar donor darah, senam jantung, pemeriksan kesehatan secara gratis dan sunatan massal.

Kegiatan bersama ini dilakukan pada beberapa venue, seperti Tebu Kayan, Markas Kodim 0903 Bulungan dan Markas Palang Merah Indonesia (PMI). Sehari sebelumnya, kegiatan yang sama dilakukan oleh perhimpunan Dokter Kardiovaskular Indonesia (PERKI).

Baca Juga:   Dinkes Kaltara Alokasikan 250 Juta untuk Penanganan Stunting

“Mereka mengadakan kegiatan ilmiah, berupa seminar umum tentang penyakit jantung dan cardiology update bagi para dokter,” tuturnya.

Kodim 0903 Bulungan kolaborasi dengan stakeholder terkait, adakan bakti sosial. (MARTINUS/MKR)

Sementara, di Kodim 0903 Bulungan gelar bakti sosial, dengan melibatkan unsur forkopimda terkait. Antusiasme masyarakat cukup tinggi, mengikuti kegiatan ini karena dilaksanakan secara terbuka dan tanpa di pungut biaya. Ada sekitar puluhan kantong darah yang disiapkan untuk disalurkan ke Palang Merah Indonesia (PMI).

Termasuk, sunat massal dan pemberian hadiah kepada para veteran pensiun TNI. Dandim 0903 Bulungan, Kolonel Infanteri Victor Tjokro, saat dikonfirmasi menuturkan kegiatan bakti sosial merupakan momentum untuk memperingati HUT TNI yang ke-78 tahun, bertepatan pada 5 Oktober 2023.

“Kegiatan ini juga dilangsungkan secara serentak se-Indonesia, karena merupakan arahan langsung dari Panglima TNI,” katanya.

Beberapa kegiatan yang telah dilangsungkan oleh pihaknya, seperti dengan kegiatan sosial berupa pembersihan Kesultanan Bulungan, termasuk pembersihan sisa bekas kebakaran rumah di Tanjung Palas beberapa waktu lalu.

“Selain itu, kami juga akan melaksanakan kegiatan nonton wayang kulit, di Lapangan Agatis Tanjung Selor pada 6 Oktober 2023, pukul 20.00 Wita, juga dilaksanakan secara live streaming pada 78 titik. Ini perintah langsung dari Panglima TNI untuk membangkitkan kultur budaya Indonesia,” pungkasnya. (tin/and)

Baca Juga:   KSBSI Kaltara Geruduk Kantor Gubernur, Tuntut Soal Kesejateraan Buruh

Reporter: Martinus Nampur
Editor: Andhika

16.1k Pengikut
Mengikuti

BERITA POPULER