spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Kesekian Kalinya, DPK Kaltim Akan Kembali Distribusikan Mesin Buncu Baca Etam

SAMARINDA – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kaltim akan kembali melakukan distribusi anjungan baca yang diberi nama Buncu Baca Etam.

Kepala Bidang Layanan, Otomasi dan Kerjasama DPK Kaltim, Mustika Wati menyebut, anjungan baca tersebut akan terletak di Penajam Paser Utara dan Paser.

“Pendistribusian ini merupakan yang kesekian kalinya dilakukan, dan yang terakhir dua daerah tersebut dalam pemerintahan Gubernur Isran Noor,” ungkapnya.

Ia mengatakan, Buncu Baca Etam di Penajam Paser Utara dan Paser akan diserahkan secara langsung oleh Isran Noor, namun waktu pelaksanaannya belum ditentukan.

Dirinya tak merinci berapa unit anjungan baca yang akan didistribusikan ke dua kabupaten selatan Kaltim itu. Tetapi, kata Mustika, biasanya paling sedikit setiap daerah mendapat tiga unit.

“Kemudian disebar ke beberapa titik yang biasanya banyak orang berkumpul, seperti rumah sakit dan kantor-kantor pemerintahan,” paparnya.

Diketahui seperti di Samarinda, mesin Buncu Baca Etam juga di sebar oleh DPK Kaltim dibeberapa titik. Diantaranya Perpus Kaltim, Kantor Walikota Samarinda, Kantor Bank Kaltimtara, rumah sakit Aw Syahrani dan Bandara APT Pranoto yang masing-masing 1 unit.

Baca Juga:   Pasca Covid-19, Dispusip Berau Berupaya Tingkatkan Jumlah Kunjungan

Adapun koleksi buku digital yang dimiliki Buncu Baca Etam, yang dapat diunduh sebanyak 600 koleksi buku yang terdiri dari berbagai macam judul buku.

pengguna Buncu Baca Etam dapat menggunakan fasilitas ini secara gratis, melalui scan QR Code yang tersedia pada mesin Buncu Baca Etam.

Pengguna juga dapat bebas memilih buku seperti buku cerita anak, pengetahuan umum, kesehatan dan koleksi buku lainnya. (adv/and)

16.1k Pengikut
Mengikuti

BERITA POPULER