spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Kecamatan Bunyu Sudah Memiliki Pelabuhan Resmi

TANJUNG SELOR – Setelah beberapa tahun bergantung pada pelabuhan milik Pertamina, kini Kecamatan Bunyu, Bulungan dapat memamerkan pelabuhan barunya.

Bupati Bulungan, Syarwani mengungkapkan, Pelabuhan Bunyu akhirnya berfungsi sebagaimana mestinya. Dengan adanya pelabuhan baru ini, diharapkan dapat membantu kelancaran distribusi barang di wilayah tersebut dan menjaga stabilitas harga.

“Kecukupan distribusi barang biasanya menjadi penyebab utama lonjakan harga di Pulau Bunyu,” ujar Syarwani, Minggu (18/2/2024).

Pelabuhan Bunyu, diharapkan dapat memperlancar distribusi barang dan mengurangi lonjakan harga. Selain itu, Pelabuhan Bunyu juga dapat membantu penumpang speedboat dalam bongkar dan muat angkutan kebutuhan masyarakat setempat.

“Termasuk meningkatkan kenyamanan dan efisiensi transportasi,” tuturnya.

Dalam aktivitas di pelabuhan, selain kecukupan infrastruktur dan operasional, perlu diperhatikan juga keamanan dan keselamatan. Banyak pihak terlibat, seperti pengguna jasa transportasi, pekerja pelabuhan, dan masyarakat sekitar.

Oleh karena itu, pengaturan yang baik diperlukan, seperti pemeriksaan barang dan penumpang yang masuk ke pelabuhan, pengawasan di lingkungan sekitar pelabuhan serta pengaturan lalu lintas angkutan barang dan penumpang sesuai dengan regulasi yang berlaku.

Baca Juga:   Sabu Seberat 7 Kg Milik Dua Pasutri Dimusnahkan

Pelabuhan Bunyu, memiliki nilai strategis sebagai alternatif transportasi bagi masyarakat lokal yang ingin melakukan perjalanan ke daerah-daerah terdekat. Ketersediaan Pelabuhan ini akan mempermudah aksesibilitas wilayah tersebut dan mendorong pertumbuhan ekonomi.

Lokasinya yang strategis memungkinkan pelabuhan ini menjadi tempat transisi pengiriman barang dari satu lokasi ke lokasi lainnya, sehingga dapat menghemat biaya distribusi yang harus dikeluarkan oleh pedagang atau penyedia jasa logistik.

Namun, masih banyak tantangan yang harus dihadapi untuk dapat memaksimalkan manfaat Pelabuhan Bunyu, seperti infrastruktur pendukung, sarana dan prasarana pelabuhan, sistem pengawasan dan sebagainya.

Oleh karena itu, sangat diperlukan investasi dan dukungan yang kuat dari pemerintah dan pihak terkait guna mendukung beroperasinya Pelabuhan Bunyu.

Pelabuhan Bunyu memiliki potensi besar untuk memperkuat keterhubungan dan mendorong pertumbuhan ekonomi lokal serta memperlancar distribusi barang untuk menjaga stabilitas harga. Sehingga diperlukan dukungan dan kolaborasi yang kuat dari para pemangku kepentingan serta pengaturan yang baik agar Pelabuhan Bunyu dapat berfungsi dengan efektif dan memberikan manfaat yang optimal bagi masyarakat. (tin/and)

Baca Juga:   Begini Penjelasan BMKG Soal Fenomena Kabut Asap di Tarakan

Editor: Andhika

16.4k Pengikut
Mengikuti

BERITA POPULER