spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Dua Hektare Lahan di Jalan Amal Lama Tarakan Terbakar, Diduga Akibat Kelalaian Manusia

TARAKAN – Kebakaran lahan terjadi di Jalan Amal Lama, Kelurahan Pantai Amal, Kecamatan Tarakan Timur, Kota Tarakan , Selasa (3/10/2023) malam. Peristiwa ini sempat menghebohkan warga Tarakan karena lokasi kebakaran lahan tak jauh dari Universitas Borneo Tarakan.

Kepala UPT Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH)  Tarakan, Ridwanto Suma melalui Edy S, polisi hutan UPT KPH Tarakan menjelaskan, informasi mengenai adanya kebakaran lahan didapatkan dari Kapolsek Tarakan timur sekira Pukul 20.15 Wita.

“Informasi ada kebakaran di Kelurahan Pantai Amal.  Jadi kami kumpulkan tim, lalu informasikan ke BPBD selanjutnya tim turun ke lapangan,” ucapnya saat ditemui di lokasi kejadian kebakaran, Selasa (3/10/2023).

Dia memperkirakan luas lahan terbakar sekitar dua hektar. Lahan yang terbakar ini, kata Edy, merupakan milik warga. “Kami belum tahu pasti karena malam. Tapi kemungkinan 2 hektar lebih,” katanya.

Baca Juga:   Akibat Kebakaran Hebat di Beringin 4, 500 Jiwa Kehilangan Tempat Tinggal

Edy menyebut melihat situasi yang ada, menurutnya, penyebab kebakaran terjadi karena kelalaian manusia.

“Kesengajaan orang bakar lahan atau buang puntung rokok terlebih cuaca cukup kering. Kalau dari alam enggak karena batu baranya gak ada sama sekali,” ungkapnya.

Untuk proses pemadaman api, lanjut Edy, membutuhkan waktu sekitar dua jam. Dia pun menghimbau kepada warga Tarakan untuk tidak melakukan pembakaran lahan terutama untuk membuka kebun.

“Karena cuaca cukup kering. Sekarang kita terima kiriman asap juga dari Kalbar, Kalteng , dan Kalsel. Jadi janganlah ada aktivitas bakar buka lahan karena memicu terjadi kebakaran lahan,” pungkasnya. (apc/and)

Reporter: Ade Prasetia
Editor: Andhika

16.4k Pengikut
Mengikuti

BERITA POPULER