spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

DPK Kaltim Punya Berbagai Koleksi Terbitan Berkala

banner

SAMARINDA – Selain koleksi buku, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi Kalimantan Timur (DPKD Kaltim) juga memiliki berbagai jenis koleksi terbitan berkala.

Terbitan berkala memiliki fungsi yang sama dengan koleksi lainnya, yaitu sebagai sumber rujukan. Koleksi terbitan berkala merupakan terbitan dalam jangka waktu tertentu, seperti harian, bulanan, atau tahunan.

Pustakawan Pelaksana Terbitan Berkala, Yenniwati, menuturkan bahwa koleksi terbitan berkala yang dimiliki oleh DPKD Kaltim meliputi surat kabar, majalah, tabloid, buletin, hingga jurnal. Namun, hingga saat ini belum ada terbitan jurnal baru yang masuk di ruang koleksi berkala DPKD Kaltim.

“Untuk surat kabar kami melakukan pengadaan rutin, dari media lokal dan nasional. Untuk majalah juga ada yang pengadaan dan hibah dari penerbit atau masyarakat. Sedangkan jurnal, kami belum punya yang update,” kata Yenni.

Koleksi terbitan berkala yang dimiliki DPKD Kaltim sangat variatif. Lebih lanjut, Yenni menjelaskan mengenai koleksi tertua dari terbitan berkala yaitu surat kabar dari tahun 1970-an.

“Untuk surat kabar ada dari tahun 70-an, kami simpan dalam bentuk bundle di ruang deposit,” ujarnya.

Baca Juga:   Bangun Taman di Depan Perpustakaan sebagai Penarik Minat Pembaca

Saat ini, koleksi terbitan berkala hanya dapat dibaca di tempat. Hal ini disebabkan oleh jumlah eksemplar yang kurang. Namun, pemustaka dapat mengakses koleksi digital melalui INLIST Lite.

Terkait pemustaka, Yenni menjelaskan masih minim pemustaka yang mengetahui tentang koleksi terbitan berkala. Untuk itu pihaknya melakukan upaya pengenalan koleksi terbitan berkala kepada pemustaka DPKD Kaltim.

“Saat ini kami memasang beberapa koleksi di display pintu masuk, jadi pemustaka bisa lihat contoh koleksinya. Ada petunjuk arah juga untuk mengarahkan pemustaka menuju ruang terbitan berkala,” ucap Yenni.

Untuk ke depannya, Yenni mengatakan bahwa pihaknya akan membuat brosur untuk memperkenalkan ruang terbitan berkala yang akan diberikan kepada pemustaka DPKD Kaltim. (adv/and)

16.4k Pengikut
Mengikuti

BERITA POPULER