spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Desa Mangkupadi Terendam Banjir, Polresta Bulungan Evakuasi dan Distribusi Bantuan

TANJUNG SELOR – Polresta Bulungan melalui Polsek Tanjung Palas Timur, melaksanakan giat evakuasi dan pemberian bantuan kepada warga Kilometer 9 Desa Mangkupadi yang terdampak banjir.

Pemberian bantuan tersebut dipimpin langsung oleh Kapolsek Tanjung Palas Timur, IPTU H. Firman Arifai. Dalam narasi resminya dia menjelaskan ketinggian banjir yang terjadi saat ini diperkirakan mencapai 80 cm sampai dengan 200 cm.

Banjir ini dimungkinkan akan semakin meluap di wilayah RT 04, 09, dan RT 14 Desa mangkupadi. “Beberapa titik arus airnya ada yang deras, dengan disertai patahan kayu,” ucap Kapolsek Tanjung Palas Timur, IPTU Firman Arifai, Kamis (26/1/2024).

Beberapa pekan terakhir, intensitas hujan di wilayah Bulungan cukup tinggi. Hujan terjadi pada pagi, siang, bahkan pada malam hari.

“Puncaknya malam dini hari sehingga mengakibatkan Sungai Mangkupadi, Desa Mangkupadi meluap sampai ke jalanan dan merendam beberapa pekarangan rumah warga,” tukasnya.

Untuk data sementara, jumlah Kepala Keluarga (KK) yang terdampak banjir dipekirakan 50 KK. Jumlah jiwa yang terdampak mencapai 200 sampai dengan 250 jiwa.

Baca Juga:   Kampung Tias Diusulkan Menjadi Desa

Upaya kepolisian di lapangan dengan cara memberikan sejumlah paket bantuan sembako. Serta, membantu warga terdampak dengan proses evakuasi ke tempat yang lebih tinggi.

Selanjutnya, melakukan proses evakuasi warga, menggunakan perahu ketinting dikarenakan ada beberpa masyarakat yang tidak bisa keluar dari rumah akibat ketinggian air yang semakin naik. Kemudian, melakukan koordinasi dengan pemerintah desa mengenai langkah cepat proses  tempat pengungsian dan bantuan bahan makanan yang dibutuhkan.

“Kami juga melakukan koordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Bulungan, dalam hal ini BPBD Bulungan dan provinsi. Meminta proses bantuan evakuasi kepada masyarakat  yang masih belum bisa dijangkau,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Bulungan, Rafidin kala dikonfirmasi menjelaskan, banjir beberapa hari lalu, tepatnya hari Rabu 24 Januari 2024, sekira pukul 03.00 dini hari, melakukan evakuasi terhadap warga yang terdampak banjir.

Luapan air sungai terdampak pada pemukiman warga, terutama di wilayah Km 4 sampai dengan KM 10, Desa Mangkupadi, Kecamatan Tanjung Palas Timur.

“Akibatnya, beberapa rumah warga terendam banjir. Kita sempat melakukan evakuasi  terhadap rumah warga yang terdampak. Alhamdulillah, per hari ini, kondisi air berangsur surut,” pungkasnya. (tin)

Baca Juga:   Usung Konsep Perumahan Modern, Gubernur Sebut Bisnis Properti Cukup Prospektif

Editor: Yusva Alam

16.4k Pengikut
Mengikuti

BERITA POPULER