spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BNN Tarakan Rehabilitasi 44 Korban Penyalahgunaan Narkotika

TARAKAN – Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Tarakan, Kalimantan Utara sepanjang tahun 2023 sudah merehabilitasi 44 orang korban penyalahgunaan narkoba. Dari jumlah tersebut, delapan di antaranya tidak selesai menjalankan program

“Jumlah yang direhabilitasi sebanyak 44 ada yang sifatnya sukarela, ada rujukan dari Polres Tarakan dan klinik pelayanan rehabilitasi masyarakat serta instansi pemerintah,” ucap Kepala BNN Kota Tarakan Evon Meternik di Tarakan, Rabu (27/12/2023).

Evon menjelaskan, sebanyak 36 orang yang direhabilitasi dinyatakan pulih sedangkan delapan sisanya tidak selesai menjalankan program. Beberapa faktor klien tidak selesai menjalankan program di antaranya pertama, motivasi yang rendah untuk sembuh. Kedua, klien pindah domisili ke wilayah lain. Ketiga, klien kurang kooperatif atau mengalami kekambuhan dan menolak ditangani lagi.

Mereka yang mengikuti program rehabilitasi BNN Kota Tarakan sebanyak 42 orang laki Рlaki dan dua orang perempuan.  Dengan kisaran usia produktif 20 sampai 32 tahun.

Diungkapkannya para klien yang menjalani rehabilitasi memiliki latar belakang sebagai buruh. Mereka beralasan menggunakan narkotika untuk menambah tenaga saat bekerja.

Baca Juga:   Danlantamal XIII Tarakan Sebut Kebersihan Sungai Jadi Tugas Bersama

Sebagai informasi, sepanjang Tahun 2023 Badan Narkotika Nasional (BNN) Tarakan berhasil mengungkap 7 kasus narkotika jenis sabu dari 7 orang menjadi tersangka . Adapun barang bukti yang berhasil disita yakni sabu dengan berat 114,52 gram.

Jumlah tersebut meningkat dibandingkan pengungkapan kasus sabu di Tahun 2022. Jika sebelumnya di 2022 sebanyak 39,66 sedangkan di Tahun ini sebanyak 114,52 gram. (apc/and)

Reporter: Ade Prasetia
Editor: Andhika

16.4k Pengikut
Mengikuti

BERITA POPULER