spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BMKG: Malam Pergantian Tahun, Tarakan Berpotensi Hujan

TARAKAN – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan wilayah Tarakan, dalam kondisi cerah berawan dengan potensi hujan rendah pada malam pergantian tahun. Hal itu disampaikan Forecaster on Duty BMKG Tarakan, Danurahni Aryashta saat dikonfirmasi, Sabtu (30/12/2023).

Danurahni menjelaskan, untuk potensi hujan di sebagian besar wilayah di Tarakan cukup rendah. Namun, apabila terjadi hujan disebabkan karena adanya faktor lokal di wilayah Tarakan. Kondisi cerah berawan ini diperkirakan masih terjadi di Tarakan hingga tiga hari ke depan.

Kemudian, untuk kondisi perairan Kaltara cenderung tenang dengan ketinggian gelombang sekitar 0.5m hingga 1.25 m, dengan arah angin dari arah barat laut-timur laut dengan kecepatan 3 – 15 knots.

“Untuk prediksi cuaca pada malam tahun baru, di Tarakan sendiri tidak begitu basah dan lumayan cerah hingga berawan. Tapi tetap ada potensi hujan ringan hingga sedang,” terangnya.

“Jadi setiap ada hujan, petugas kami mencatat mulai pukul sekian dan rendah pukul sekian. Hanya saja untuk berapa kali hujan, pihaknya tidak tahu pasti, namun sudah tercatat di BMKG. Pertama dicatat secara manual dan dicatat secara otomatis melalui sistem kami,” sambungnya.

Baca Juga:   Pasca Dilantik Jadi Pj Wali Kota Tarakan, Ini Rencana Kerja Bustan

Dalam kesempatan ini, ia menghimbau masyarakat untuk tetap berhati-hati terhadap potensi cuaca ekstrem yang bisa saja terjadi. Serta dampak yang dapat ditimbulkan dari cuaca ekstrem tersebut seperti banjir, tanah longsor, angin, pohon tumbang, dan dampak alam lainnya.

Selanjutnya, meminta kepada masyarakat untuk selalu memantau info cuaca terkini yang tersedia di berbagai media milik BMKG Tarakan.

“Kami menyediakan informasi melalui website resmi BMKG, yakni https://www.bmkg.go.id/cuaca/prakiraan-cuaca.bmkg?Kota=Tarakan&AreaID=501360&Prov=35. Informasi dapat diakses melalui akun medsos BMG, seperti Instagram @BMKG Tarakan, dan WAG BMKG,” ucapnya. (apc/and)

Reporter: Ade Prasetia
Editor: Andhika

16.4k Pengikut
Mengikuti

BERITA POPULER