spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berikut 5 Rekomendasi Tempat Wisata di Tarakan yang Wajib Dikunjungi

TARAKAN – Di Kota Tarakan terdapat banyak tempat wisata yang wajib anda kunjungi saat berlibur. Berbagai wisata yang ditawarkan bisa menjadi pilihan untuk menghilangkan penat karena rutinitas perkerjaan yang menumpuk.

Terlebih, Tarakan memiliki destinasi wisata yang cukup komplit. Mulai dari wisata alam yang menampilkan panorama indah seperti pantai, hingga wisata edukasi budaya seperti rumah adat dan museum.

Tentunya dengan suguhan yang menarik dari berbagai tempat wisata tersebut, akan menambah pengalaman berliburmu menjadi lebih berkesan.

Berikut merupakan lima tempat wisata di Tarakan yang wajib dikunjungi, di antaranya :

  1. Pantai Ratu Intan

Kawasan Wisata Ratu Intan Pantai Amal berada di Tarakan Timur, Kota Tarakan, Kalimantan Utara. Wisata ini tergolong baru karena baru dibuka secara pada Jumat, (17/2/2023).

Wisata Ratu Intan Pantai Amal menawarkan berbagai fasilitas yang menarik untuk membuat liburan kamu lebih berkesan seperti sepeda dan mobil mini listrik, gazebo, photo spot dan pemandangan pantai yang indah. Untuk bisa menikmati pemandangan pantai yang indah ini kamu cukup mengeluarkan uang sebesar

Baca Juga:   Kebakaran Lahan Terjadi di Jalan Pantai Amal Lama, Petugas Berupaya Padamkan

Rp 10.000/orang. Sementara untuk tiket parkir mobil sebesar Rp 3.000 dan sepeda motor Rp 2.000.

  1. Museum Sejarah Tarakan

Museum ini terletak di Jalan Sei Sesayap,  Kelurahan Kampung Empat, Kecamatan Tarakan Timur, Kota Tarakan, Kalimantan Utara. Museum Sejarah Tarakan menawarkan jejak-jejak peninggalan sejarah Perang Dunia II, mulai dari pakaian perang, senjata tajam, hingga sisa dari pesawat tempur. Kamu juga dapat melihat foto dokumentasi untuk mendapatkan gambaran lebih jelas mengenai kondisi Tarakan saat perang melanda di objek wisata Tarakan satu ini.

  1. Taman Berkampung

Bagi masyarakat asli Kota Tarakan, Taman Berkampung menjadi salah tempat salah satu tempat favorit. Taman Berkampung menyediakan berbagai penyewaan sepeda dan mobil mini listrik. Tempat ini juga ramai digunakan masyarakat untuk berolahraga joging.

Salah satu alasan mengapa Taman Berkampung selalu ramai dikunjungi, karena pihak pengelola tidak memungut biaya masuk sepeser pun untuk bisa menikmati keindahan taman ini. Pengunjung hanya diminta untuk membayar tiket parkir mobil sebesar Rp 3.000 dan sepeda motor Rp 2.000. Taman wisata ini terletak di Kampung Empat, Kecamatan Tarakan Timur, Kota Tarakan.

Baca Juga:   Kebakaran Lahan di Kampung Enam Tarakan, Petugas Butuh Waktu Empat Jam Padamkan Api

 

  1. Bendungan Binalatung

Bendungan Binalatung memiliki panorama indah, meskipun lokasinya cukup tersembunyi. Bendungan ini terletak di Kelurahan Kampung Satu Skip Kota Tarakan. Menjelang matahari terbenam, tempat ini selalu ramai dikunjungi masyarakat. Hal ini bukan tanpa alasan, sebab bendungan ini disinyalir jadi tempat yang paling tepat untuk menikmati keindahan matahari saat terbenam. Selain karena memiliki panorama indah, tempat ini juga memiliki udara yang asri karena sekitaranya banyak dikelilingi pepohonan.

 

  1. Rumah Baloy Adat Tidung

Di Tarakan, kamu dapat mengunjungi Baloy Adat Tidung, sebuah museum yang didedikasikan untuk peninggalan Kerajaan Tarakan yang dahulu disebut Kerajaan Tidung. Destinasi wisata di Tarakan ini terdiri dari beberapa Rumah Baloy yang memiliki fungsinya masing-masing pada masanya. Kamu  juga bisa melihat benda-benda khas suku Tidung yang dirumahkan di sini. Rumah Baloy Adat Tidung berada di Jalan Sei Sesayap, RT 01, Kampung Enam, Tarakan Timur. (apc/and)

 

Reporter: Ade Prasetia

Editor: Andhika

16.4k Pengikut
Mengikuti

BERITA POPULER