spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

69 Perpustakaan di Berau Sudah Terakreditasi

TANJUNG REDEB – Keseriusan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Berau menjadikan perpustakaan sebagai wadah memperluas wawasan semakin nampak. Hal itu terbukti melalui terus bertambahnya jumlah perpustakaan yang terakreditasi.

Kepala Dispusip Berau, Yudha Budi Santosa menuturkan, beberapa perpustakaan di Bumi Batiwakkal sudah mengantongi akreditas dari Perpustakaan Nasional (Perpusnas).

“Kita patut berbangga, karena dari 2.964 perpustakaan di Kaltim, yang baru terakreditasi hanya sekitar 233 unit, sedangkan paling terbanyak ada di Berau, yakni sekisar 30 persen atau 69 perpustakaan,” ungkapnya, Rabu (13/9/2023).

Menurutnya, 69 perpustakaan yang telah terakreditasi itu merupakan wujud kesungguhan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau meningkatkan mutu dan pelayanan.

Dijelaskan Yudha, akreditasi perpustakaan juga merupakan amanat dari Undang-Undang nomor 43 tahun 2007 tentang penyelenggaraan perpustakaan dilakukan sesuai dengan standar nasional perpustakaan.

“Dengan adanya akreditas ini, berarti pengelolaan perpustakaan yang ada sudah sesuai standar nasional, tinggal bagaimana kami meningkatkan pelayanan seiring dengan perkembangan teknologi,” tuturnya.

Dia menilai, perpustakaan tak hanya tempat membaca buku, melainkan juga menjadi ruang bagi masyarakat untuk meningkatkan keterampilan hidup, berbagi pengalaman, hingga berdiskusi guna memecahkan suatu masalah.

Baca Juga:   Begini Alasan Mahasiswa Magang di Perpustakaan Samarinda

“Maka dari itu, untuk menghadapi perubahan tersebut, perpustakaan memerlukan terobosan-terobosan baru,” ujarnya.

Mengenai perpustakaan mana saja yang telah terakreditasi A, dipaparkan Yudha ada 9 perpustakaan, yakni SDN 002 Tanjung Redeb, SDN 005 Tanjung Redeb, Perpustakaan Sanggam Kampung Maluang dan SDN 001 Gunung Tabur.

Selanjutnya ada SMPN 1 Kecamatan Segah, Perpustakaan Bidukbiduk, SMPN 2 Talisayan, SDN 004 Tanjung Redeb, SMPN 1 Tanjung Redeb dan SMAN 4 Tanjung Redeb.

Sedangkan, untuk yang memperoleh akreditasi B ada 3 unit, yaitu SDN 003 Tanjung Redeb, SMKN 3 Berau serta SMPN 6 Tanjung Redeb.

Kendati demikian, Yudha menyebut pihaknya di Dispusip Berau akan terus berupaya menambah jumlah perpustakaan terakreditasi.

“Semoga perpustakaan yang terakreditasi di Berau terus bertambah agar masyarakat kita dapat menambah wawasannya melalui literasi,” tandasnya. (adv/and)

16.4k Pengikut
Mengikuti

BERITA POPULER