spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

15 Calon Direktur Perumda Lolos Seleksi Kelayakan dan Kepatutan

TARAKAN – Sebanyak 15 calon direktur perusahaan umum daerah (perumda) dinyatakan lolos seleksi kelayakan dan kepatutan.

Nama-nama yang dinyatakan lolos akan melaksanakan ujian tahap akhir yakni wawancara.

“Belum diwawancarai nama tiga besar. Baru hari ini sebenarnya tapi mau cari waktu belum ketemu karena banyak sekali agenda ini,” ucap Wali Kota Tarakan, Khairul, Selasa (27/2/2024).

Khairul tak menampik jika beberapa perumda di Tarakan mengalami kondisi memperihatinkan, sehingga dibutuhkan direktur yang memiliki inovasi, greget, semangat dan etos kerja yang maksimal. Terlebih, selama ini perumda telah diberi bantuan berupa aset dan modal.

“Saya maunya bisa memulihkan kesehatan perumda yang banyak sakit ini. Kan banyak sakit ini perumdanya, sakit tipeslah, demam berdarah,” ucap Khairul.

Ia membeberkan, hanya ada dua perumda yang kondisi keuangannya sehat yakni PDAM dan Tarakan Energi Mandiri.

“Aduh yang lain sakit. Ada yang rawat jalan, ada yang rawat inap ada yang masuk ICU,” katanya.

Ia menargetkan proses wawancara selesai pada hari ini, sebab pelantikan dijadwalkan pada 29 November 2024 sebelum masa jabatanya berakhir pada 1 Maret 2024.

Baca Juga:   Kecelakaan Perahu Ketinting di Pulau Tias, Satu Penumpang Hilang dan Dua Meninggal Dunia

Sejauh ini, lanjut Khairul, baru dua perumda yang telah diwawancara yakni PDAM dan Perumda Aneka Usaha.

“Yang sudah diwawancara lengkap PDAM tadi malam. Satu orang dari perumda aneka usaha tadi malam. Nanti kita lanjutkan,” bebernya.

Dalam tahapan wawancara ini, peserta diwajibkan paham tentang kondisi perumda yang didaftarnya. Jika peserta tidak paham maka langsung dinyatakan gugur.

“Karena bagaimana dia mau lakukan perbaikan di sendiri tidak tahu kondisinya. Padahal harus tahu, dia harus mapping dulu masalah di dalam. Lalu apa langkahnya, apa solusi yang akan kau lakukan kalau kau ditunjuk jadi direktur perumda. Karena ini bukan TIKET gratis ini. Ndak ada itu,” tegasnya.

Diberitakan sebelumnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Tarakan membuka seleksi terbuka calon direksi perusahaan umum daerah (perumda). Ada lima jabatan direktur perumda yang siap diisi melalui seleksi terbuka digelar Pemkot Tarakan.

Lima perumda itu di antaranya Direktur Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Alam Tarakan, Direktur Perumda Tarakan Aneka Usaha, Direktur Perumda Tarakan Agrobisnis Mandiri, Direktur Perumda Tarakan Energi Mandiri dan Direktur Perumda Tarakan Media Telekomunikasi.

Baca Juga:   Mengenal Pelarungan Padaw Tuju Dulung, Ritual Syukur Asli Suku Tidung

Penulis: Ade Prasetia

Editor: Yusva Alam

16.4k Pengikut
Mengikuti

BERITA POPULER